Penyebab dan gejala benjolan di leher

Benjolan dibelakang telinga serta leher umumnya adalah satu tonjolan kecil yang bila dipegang merasa kenyal. Tonjolan ini bisa nampak baik pada anak anak ataupun orang dewasa. Kadang-kadang, tonjolan ini bisa beralih ukuran. Penyebabnya tonjolan ini juga berbagai macam. Tonjolan dibelakang telinga mungkin saja bahaya atau tak bergantung dari pemicunya. Tersebut sebagian penyebabnya tonjolan dibelakang telinga serta leher :

Penyebab dan gejala benjolan di leher

Penyebab dan gejala benjolan di leher

1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening 
Penyebabnya paling umum timbulnya tonjolan dibelakang daun telinga yaitu lantaran ada pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar ini berperan untuk menghasilkan sel darah putih yang bakal bertindak melawan mikro organisme yang membahayakan badan. Pada intinya kelenjar ini ada pada tiap-tiap orang sebagai pertahanan diri supaya tak gampang sakit. Umumnya, kelenjar getah bening ada pada ketiak, leher, lipatan paha, jantung, samping kanan serta kiri. Jika dilewatkan, kelenjar ini bakal alami pembesaran serta mengganggu kesehatan badan bahkan juga dalam periode panjang bisa mengakibatkan kanker getah bening. 

2. Kanker 
Penyebabnya timbulnya tonjolan dibelakang telinga serta leher yang paling mencemaskan yaitu kanker. Tanda-tanda umum tonjolan yang karena sebab kanker, umumnya dibarengi dengan demam, rasa sakit ditenggorokan yg tidak selekasnya pulih, serta nada yang serak. 
Bila bisa terdeteksi mulai sejak awal serta selekasnya memperoleh perawatan, kanker ini bisa sembuh. Walau demikian jika pembengkakan makin besar serta tak selekasnya memperoleh penyembuhan, mungkin saja saja bakal diketemukan pembengkakan ditempat lain seperti lipatan paha serta ketiak yang mengakibatkan susah untuk pulih, bahkan juga peluang jika di stadium lanjut bakal alami kambuh lagi cukup besar. 

3. Kista Sebasea 
Tonjolan di belakang telinga serta leher dapat juga dikarenakan oleh kista sebasea. Kista ini mengandung protein keratin yang berbau busuk. Pemicunya, pembengkakan folikel rambut atau trauma kulit. Kista type ini umumnya dapat menghilang sendiri serta tak memerlukan penyembuhan. Namun, bila kista terinfeksi jadi dapat mengakibatkan abses yang menyebabkan inflamasi serta pasien mesti selekasnya diobati. 

4. Mastoiditis 
Penyebabnya lain tonjolan dibelakang telinga serta leher yaitu ada infeksi pada tulang mastoid. Tulang mastoid ada di bagian belakang telinga. Infeksi pada tulang mastoid akibat mostoiditis mengakibatkan daerah di belakang telinga membengkak serta menonjol dari kulit. Umumnya tonjolan dibarengi nyeri telinga, demam, berkuarangnya pendengaran, serta kemerahan pada telinga.

Nah itulah info penyebab dan gejala benjolan di leher dan telinga, untuk pengobatan benjolan di leher secara alami silahkan lihat di http://www.bosgreenworld.com/cara-menyembuhkan-benjolan-di-leher/

Artikel Terkait

Penyebab dan gejala benjolan di leher
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email